Moral of the story

Standard

Raihan itu guru yang baik. Ini gue ketahui setelah spending time with him, when mbak Lastri ngambil cuti dari jum’at ampe minggu.
Then, karena keluarga abi udah lama gak kumpul (last was when mo ramadhan last year) makanya pd saat yang -biasanya angot- pada bisa, we decided to go to puncak. Visiting rumah Mas Yono di Gadog.
Banyak pelajaran yang bisa diambil dari anak gue waktu itu, antara lain :

1. Raihan itu anaknya demen mengexplore dengan mulut.


IMG_0007
Originally uploaded by strawberry chick.
Bingung kenapa begitu? Kelihatannya indra perasa anak seumuran Raihan itu di mulutnya. Makanya kalo ada benda yang mereka temukan, ada aja yang seukuran mulutnya (bahkan lebih) pasti dimasukin kemulut. Moral of the story.. kita bener mesti alert ama barang2 yang bias diletakkan deket dia.
Trus satu lagi. Kadang anak bisa berisik dan tau2 diam gitu aja. Ini kita musti curig. Karena it might be they are up to something. Jangan2 lagi makan apa. Bahayaaa. Or nemuin maenan baru that might be danger. Contohnya Lipstik Bodyshop gue yang baru…huhuhu…udah dikirain crayon gitu aja..dicorat-coret ketembok. Mendingan berisik, entah itu brak, keretek2 maenan, or silly aqua song “Im your baby girl” that played in HaPe-HaPean. At least we still know that he is playing.

2. Raihan tuh demen meniru. Tapi dengan cara yang lucu. Sumpah.


IMG_0017
Originally uploaded by strawberry chick.
Yang ini sih pasti. Tau gak dia udah bisa nunjukkin jari telunjuk sambil goyang2in kebawah bentuk uler. To make ekspresi of “kasian deh lu”. Kayaknya dia dapet itu dari TV deh. Or iklan I don’t know. The other day, tiba2 dia niruin gaya gue mungutin makanan yang jatuh dari suapan dia dan langsung ngebuangnya gitu aja. So like me. Kadang it scares me. Gimana kalau dia ngikutin gaya gue yang jelek. They look up to adults as their role models. Pernah denger gak children are mirrors of their parents. They really do. I tell you.

4. Raihan itu lincah banget kalau lagi digantiin pampers!


IMG_0008
Originally uploaded by strawberry chick.
Beneran loh, I realize ini, klo kita mo gantiin pampersnya dia, lo musti bergerak seribu kali lebih cepat dari dia. Karena kakinya dia bergerak cepat kesana kemari. I don’t know, apakah ini maksudnya buat godain gue aja, or emang udah pengen cepet2 maen lagi. Padahal kita kan tau apa yang tersembunyi di dalam ex pampersnya yah really grows to be talking about here. Untungnya indra penciuman gue udah kurang sensitive. Tau gak, orang laen yang sadar, “eh Raihan e’e yah kok bau siich” sementara gue Cuma bisa bilang “ o iya yah” hehehe. Makanya kalo mo gantiin pampers kita musti deketin dulu peralatan sirkusnya eg. bedak,tissue basah, pampers barunya, celananya.

5. Yang Perlu diingat kalo nyuapin Raihan: mulutnya gak segede mulut kita.
Tiap kali gw mo nyuapin dia, gw mesti inget klo mulut dia 2x lebih kecil daripada punya gw Jadi makanan yg gede2 mesti dipotong kecil2 kalo bisa di bejek-bejek dulu biar dia ngunyahnya gampang. Inget juga klo giginya baru tujuh, so its gonna be easy for him to swallow the food. Trus satu lagi, demen ngemutnya itu loh. Satu suap bisa setengah jam. Biasanya kalo gini gue kasih minum, biar cepet ditelen ama dia. And problem satu lagi, kalo kebanyakan di lepeh, wajar dong, dengan mulut yang sekecil itu, paling berapa besar sih volume perutnya.Kalo gini biasanya sih langsung gue udahin makannya. Kasih susu aja beres.

6. Satu lagi, alert to sound.
Maksudnya, kita harus perhatikan bunyi apa yang keluar dari mulutnya. Kalau dia diam pun kita harus perhatikan. Ini berhubungan dengan No 1. Raihan itu biasanya Cuma diem kalo tidur, kalo lagi berkonsentrasi dengan sesuatu, atau sakit. Kalau dia nangis itu kenapa, kalau dia protes itu gimana (kalau sekarang lagi demen protes sambil ngegelinjangin kakinya gitu) dan apa yang harus kita lakukan towards ngambeknya itu. Trus, kalau Raihan udah tidur, dia bisa tiba2 teriak nangis, ini biasanya kalo kepanasan.

7. Raihan tuh punya jadwal sendiri.


IMG_0003
Originally uploaded by strawberry chick.
Biasanya dia bangun bareng kita subuh dan kemudian tidur jam 10, bangun jam 12 trus tidur lagi jam 4 bangun jam 6 pas gue pulang kantor. So, pas gue udah 4L dia lagi lincah2nya. Ngajakin gue maen bola, or maenan sama baloknya or joget2 liatin iklan di TV or lihat2 majalah, Raihan suka nunjuk gambar yang di majalah gitu. Biasanya langsung teriak kalau ada gambar binatang or abang. Senengnya lagi dia bisa menirukan apa perkataan kita ttg gambar tsb. Yang terakhir, kalo gue udah bener2 capek, minta setelin DVD baby Einstein. Beres, gue bisa tiduran while dia nonton hehehe.
Trus jam 9 dia bisa langsung gitu aja tidur. Really. Bayi pun punya skedul sendiri utk daily activitiesya dia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s