Antara Yuni Shara dan Tukang Cukur

Standard

Hari ini bunda ikut seminar di Hotel Borobudur. Its about “Pentingnya tidur untuk perkembangan otak anak”. Keynote Speakernya Mbak Putri Wulandari, Pembicaranya Dr.Aryono Hendarto dan Dr Soejadmiko. Kata bunda orang2 itu adalah orang hebat di bidangnya. Eh trus ada bintang tamunya Yuni Shara.
Untuk isi lengkap seminarnya sbb:
Dr. Aryono itu nerangin ttg Nutrisi yang berpengaruh pada tidur.Bagaimana bayi bisa tidur itu tergantung gizi yang masuk ke dalam tubuh. Kebutuhan dasar anak itu adalah Asih (Kasih sayang), Asuh(pangan,sandang,papan, kesehatan dasar, tmsk imunisasi,TIDUR), dan Asah (stimulasi yg berkaitan dgn mental,psikososial dan psikomotor.
Pentingnya tidur krn utk mengembalikan funsi sel2 tubuh agar dapat selalu bekerja optimal. Faktor2 yg mempengaruhi tidur yaitu aktivitas, lingkungan,kondisi kesehatan, hormon dan makanan.
Pengaruh makanan thdp tidur : Waktu pemberia makan (jgn makan dekat dgn wkt tidur, min 2jam sblm tidur), jumlah makanan (pengaruh nafsu makan dan volume lambung), Jenis makanan (ASI,Susu formula, makanan padat).
Protein adalah zat pembangun tubuh, karenanya sgt penting dikonsumsi oleh Bayi dan anak2. ASI mengandung protein2 seperti : Whey protein dan Casein.
Whey protein itu mengandung Alfa Protein, Immoglobulin, non protein nitrogen dan nukleotida. Komponen2 ini yang membentuk otak yg cerdas.
Protein itu terbuat dari Asam amino, Asam amino itu tidak dibuat oleh tubuh. Pdhl asam amino penting dibutuhkan oleh tubuh supaya berfungsi. Contoh asam amino tuh tryptophan.Struktur dasar alpha protein dalan ASI sangat berbeda dengan Susu Formula. Susu formula itu banyak mengandung beta globulin. Pdhl beta globulin itu bisa bikin alergi. Oleh sebab itu bayi yang ASI tak akan pernah alergi.
Kalau Asi itu mengandung Casein,lactoglobulin, dan whey protein, sedangkan Susu formula itu mengandung Casein,alfaglobulin,betaglobulin dan whey protein.
Kata dokter, sampai sekarang gak ada satupun susu formula yg mampu membuat lactoglobulin, mungkin klo ada yg bisa, brarti kiamat kali ya,gitu ktnya…
Manfaat Alfa Protein yaitu mengandung triptofan, nah zat ini yg dapat meningkatkan kualitas tidur bayi/ anak. Oleh sebab itu anak yang ASI itu pasti tidurnya kebluk.

Kalo Dr Soejadmiko lebih memfokuskan Pengaruh gangguan tidur pada perkembangan emosi,kognitif (kecerdasan anak), perilaku bayi, anak dan keluarga.
Fungsi tidur normal terdiri dari : REM (sgt berpengaruh pd emosi kognitif dan pengalaman) dan Non REM (pengaruh pd perkembangan fisik). Ternyata survey membuktikan kalau bayi yang tidurnya banyak keganggu itu besarnya banyak yg menunjukkan perilaku hiperaktif. Itu karena otaknya belum selesai merekap memori, udah kebangun, jadi memori otaknya belum sempurna. Gitu looh.
Terus bayi seharusnya tidur siang ampe umur 3th, sesudah itu gak usah lagi.

Klo Yuni shara cerita2 ttg anaknya Kevin ama Cello, gimana pola tidur dan makannya trus gimana perkembangannya skrg. Ternyata anak itu udah bisa dipisahin kamar tidurnya pd wkt umur 6 bulan, surveinya membuktikan klo dari umur itu dia bakal mandiri dan paling berani nantinya. Trus terakhirnya dia nyanyi dan promosi album terbarunya dia, yang lagunya khusus di dedikasikan buat 2 anaknya judulnya “Belaian Sayang”

Tapi bunda sebel karena gak bawa Raihan, pdhl ibu2 yang laen pada bawa. Pdhl sambil seminar, anak2 bisa dititipin di playgroundnya. Ada maenan dan lomba2 nyanyi2 gitu..ih nyesel deh gak ngajak.


IMG_0049
Originally uploaded by strawberry chick.
Ceritanya bunda abis seminar,pulangnya dijemput abi ama Raihan, trus kita bertiga ke tukang cukur. Kenapa? Soalnya Raihan ama abi rambutnya udah pada gondrong. So they really need haircut. Raihan didudukin diatas kursi tukang cukur yang udah dipakein kayu diatanya, jadi biar tinggi. Awalnya pas dicukur Raihan agak takut ama razor tukang cukurnya, tapi bunda bilang aja, gak papa, gak sakit. Lama2 jadi berani deh.
Dicukurnya diabisin.tinggal sesenti gitu. Udah selesai, trus abi juga dicukur modelnya sama persis ama Raihan,biar seragam hehehe.
Abis itu mereka berdua berpose deh. Heheh dua cowok botak kesayanganku.

3 responses »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s