Perfume : A Book Review

Standard

Baca buku Partick Suskind ini, lo bakal tersenyum2. Gilee lu bukannya g psikopat yah. Cuma g salut cara Suskind utk bercerita. Buku ini termasuk best seller buat tahun ini, which is best seller tahun lalu is Da Vinci Code, tapi tahun ini, milik Suskind deh.

I wonder, kenapa ya rata2 pembunuh psikopat adalah anak2 yang masa kecilnya kekurangan kasih sayang ibu.

Seperti Jean-Baptiste Grenouille, lahir dgn gitu aja, dari rahim seorang ibu yang gak pernah menginginkan dia ada. Entah apa maksud suskind, yang jelas Grenouille lahir di pasar ikan. Ibunya tuh pura2 gak tau klo dia ngelahirin. Ditanya ama tukang ikan, darah apa yg ada di selangkangan dia, dia bilang cepretan darah ikan. Trus ibunya dgn cuek nya ninggalin bayi itu di comberan gitu ( aha !)

Bahkan ibunya menganggap melahirkan dan ninggalin bayi dgn kejam gitu adalah cara yg biasa2 aja, krn she’s been doing that before (ceritanya Grenouille itu anak ke lima yg unwanted) Ke empat sebelumnya, sama juga dilahirkan dan dibuang gitu aja .

Akhirnya Tukang ikan sadar bahwa ada bayi dijalanan. Singkat cerita, ibunya Grenouille, dihukum mati krn ninggalin bayi di jalanan (how obvious..)

Karena ibunya dihukum mati, Grenouille akhirnya di pelihara di oleh ibu susu yg ditunjuk oleh pengadilan. Tapi beberapa ibu susu mengaku gak sanggup buat nyusuin dia, satu karena dia nyusunya rakus minta ampun, kedua, Grenouille adalah bayi yg nggak ada baunya, shg, bikin ibu2 susu pada ketakutan.

Akhirnya Grenouille, diasuh sama biarawati, uniknya, biarawati ini gak nyadar klo Grenouille bayi yg gak berbau, karena indra penciumannya emang rusak. Pas udah agak gede, Grenouille bikin biarawati ini ketakutan, karena Grenouille bisa tahu barang2 apapun yg ada di tempat yg paling gelap sekalipun, dia bisa menyebutkan barang2 tersebut, even benda2 itu gak terlihat. Sehingga, pada saat itu dia disebut2 sebagai penyihir,. Grenouille gak habis pikir kenapa dia dikucilkan, padahal dia bisa tau semua benda2 tsb, karena dia tau dari aromanya.

Akhirnya, Grenouille di jual ke tukang penyamak kulit (jadi budak).

Pada suatu hari, dia dikasih tugas utk nganterin kulit ke tukang parfume,. Adalah cita2 Grenouille, buat kerja ditempat seperti itu, karena, satu2nya hal yg bikin dia bahagia di dunia ini adalah kalau dia bisa kerja di tempat yg penuh dengan wewangian.

Akhirnya, dia diterima bekerja di toko parfume tsb. Karena ketajaman hidungnya bisa memilah2 dan mengkombinasikan wewangian sesuai dengan selera, jadilah dia orang kepercayaan bosnya. Tapi Grenouille belom puas sampai disini, Dia selalu merasa ada yg kurang dari parfum2 yg dia ciptakan. Sampai satu saat dia jalan2 dan mencium bau sesuatu yang indah. Ternyata itu adalah bau dari perawan. Nah, dari situ, dia terobsesi, untuk memiliki aroma perawan. Untuk mencapai obsesinya ini, Grenouille even gak segan2 utk membunuh!

Sayangnya, dibalik kejeniusan Grenouille, tersembunyi rasa frustrasi yg besar, karena even dia sudah membunuh 25 perawan utk memiliki aromanya utk diri sendiri, buat dia gak ada apa2nya karena dia sendiri gak bisa mencium aroma tubuh dia sendiri.

Penasaran akhirnya gimana? …well…baca deh!! Very worth reading. Bintang Lima deh !! (hotel kali) eh Bintang tujuh deh !! ( kok jadi kayak obat pusing ) eh bintang apa ya.. bintang kejora aja apa bintang kecil ( kek lagunya anak2 ) ..hehehe

Moral of the story : klo ibu bapaknya suka berantem anaknya jadi narkoba, klo ibu bapaknya tukang selingkuh anaknya jadi lesbian (inget film “Detik Terakhir?”) nah klo dari lahir gak kenal kasih saying ibu, anaknya jadi pembunuh yg psikopat. Hii

22 responses »

  1. mbak dini, kok baru denger yah judul itu.
    tadi sore ke gramed tapi kaga ada tu keliatan di sana🙂

  2. Posting pertamaaaa….!!! hehehe…
    Kalo yang pernah gw baca sih, sejak dalam kandunganpun anak2 yang tidak dikehendaki ortunya itu sudah merekam energi negatif ortunya.
    Jadi kebayang dong jadinya gimana, kalo mereka udah nabung energi negatif itu sampe 9 bulan. Apalagi kalo ibunya juga gak bahagia dan sedih mulu.
    Makanya nih buat bapak-bapak (cieee….), kalo istrinya lagi hamil jangan sampe dibikin susyaaahhh…..

  3. Menarik juga bukunya…ntar kalau buku gue sudah kelar dibaca, gue coba cari deh buku ini di bookshop.

  4. bunda… kok serem… saya penakut baca cerita beginian… wong saya baca sheila-nya torey hayden aja nangis.. eh sheila mah ga serem yah… hehe jaka sembung

    btw, thx A LOT commnets-nya.. wah kalo ke gold coast kemahalan ah, sayang duitnya, bisa buat bangun rumah impian, hehe, walopun pengen buanget, ya kali aja nyangkut di disney worldnya jepang, hehe ngimpi kali yee (amin anyway)

    tentang citra orang pajak.. ya semoga aja terus menjadi lebih baik, halah!

    udah ah,
    Salam buat Raihan ya…
    🙂

  5. kalo anak tiriku kurang…..WARAS hahaha…

    sebenarnya gak ada hubungan menurutku. temanku bapaknya tukang selingkuh, dia baek2x saja, karena memang smart.

    kakaknya iki, diperkosa bapaknya,miskin, dia dapat beasiswa di university and baek2x saja.

    my dad juga ngajarin yg gak bagus waktu kecil, kayak yahudi, tapi kita 5-5nya juara kelas semua, baik2x semua…kerja semua, gak ada yg nganggur, berkecukupan, shalat…

  6. asyik ada bahan ngintip gimana ujungnya nanti kalau pas ke toko buku…thanks ya mbak..(gak modal amat ya aku ni?)

  7. Siap Mba, gw brenti ngerokok dah..

    btw, gw punya tetangga yg anaknya skrg udah berumur 17 tahun dan mati tertabrak kmrn, gw inget bgt anak ini waktu kecil suka dipukulin ama ibunya, nangis/rewel dikit langsung main pukul, gedenya nakaall banged, berarti ada hubnya mba..

    moral of d story.. kita jaga baik2 anak kita yah.. jgn suka ringan tangan

  8. waduh! kalo gietu gue termasuk insomnia donk eh apa itu namanya ya gitulah…megalomania atau apa lah…

    soalnya gue kaga bisa nyium diri sendiri. dan gue cuma bisa nyium orang lain.

    apa lagi kalo cewe cakep…teuteup…

    wekekekekek….

  9. hmm… jadi penasaran pingin baca bukunya bun.

    btw, iya itu kartu KB dibawa2 biar ga lupa😀 hehehe…

  10. menarik nih ya bunda… hmmm perlu dibaca nih, supaya jadi calon ibu yg baik kekeke…
    tapi serem juga tuh membunuh cuma karena bau.

  11. emang asyik ini buku. sayang aku baca versi inggrisnya doang, gak bisa bahasa jerman euy, haha!

    tapi dasar diriku psikopat kali yah, pas baca, hhhhhhhhhaaah, segitu doang? kurang sadis ah! haha.

  12. Iya gw setuju sama Dona, buku ini menurut gw kurang mengigit, gw pikir ceritanya bakalan sangat sadis (mkn gw juga psikopat kali), jadi mnrt gw buku ini agak membosankan…

  13. asik, eh..alhamdulillah bisa juga akhirnyaa! thanks bunda. skrng aku tau knp judulnya perfume

  14. penasaran pengen baca tapi kalo yg serem2 suka kebayang2 penakut nih😦

  15. Kalo menurut aku…ceritanya agak membosankan, actionnya kurang, malahan banyak mendeskripsikan latar cerita, baik latar tampat maupun sejarah. Kesannya setelah baca buku ini…jadi sensitif ama bebauan.

  16. Mbak Din swebell akuh gk bisa ninggalin pesan di kotak pesan kenafa yah ??? hiks…hepi long wik en yah

  17. ga mo baca reviewna ntar g penasaran lg..
    duhhh aq lom slesai2 baca tu novel huhuhu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s