Digital Fortress : A Review

Standard

Buku nya Dan Brown yang ini sebenernya bukunya dia yg pertama, dan udah jadi nasional best selling ebook. Tapi gak booming benget seh,. Namanya emang gak beken until the kontroversial The da Vinci Code.

Klo favouritenya gue rating, diantara buku Dan Brown yg g baca, ini yang kedua deh. Yg pertama Angel and Demon, ,yg ke dua Digital Fortress dan ketiga Da Vinci Code.

Kenapa ? Soalnya yang kesatu bener2 novel full thriller !!. Amazing bgt cara Robert Langdon menguraikan anagram dan jejak illuminati, menurut g sangat sangat breath taking. Gue tuh ampe googling tempat2 yang mereka sebutin disitu, karena g pengen tau apakah deskripsi yg disebutin Dan Brown sesuai dgn imajinasi gue..hehehe..

Klo Da Vinci Code,..yaa so so lah, abis taunya novel yang katanya mengungkap konspirasi terbesar abad ini ternyata cuman mengungkap sejarah keluarganya Sophie Neveu dulu, kenapa akhirnya dia ternyata punya adek, trus tyt dulu bapak ibunya kecelakaan mobil ,tyt dia punya nenek yg masih hidup..dsb..dsb..pokoknya ini novel keluarga banget…

G sempet tertarik buat googling about lukisan2 yg ada disitu, such Madonna on the rocks, Monalisa,..ampe detail2nya g perhatiin bo..abis penasaran bgt.

Nah terakhir, Digital Fortress. Nah klo yang ini novel cinta banget deh. Bener2 romanceee deh what happen between Susan and David..!!

Ceritanya sebagian besar seh about TRANSLTR, top secret super computer yang dimiliki ama National Security Agency’s (NSA).

Apa itu TRANSLTR ? Dia adalah computer yg kerjaannya memecah kode2 sandi between e-mail antar teroris, not just that, tapi juga ampe e-mail2 privat antar orang2 biasa. Jadi tugas NSA adalah sebagai pengawas lalu lintas per e-mailan di dunia pokoknya.

Nah, Ensei Tankado itu adalah bekas karyawan NSA yang udah resign, dia pikir TRANSLTR sangat2 tidak manusiawi, sebab selain melanggar privasi seseorang, he keep asking siapa yg mengawasi si pengawas..suatu pertanyaan ttg eksistensi NSA sebagai top secret agen.

Ampe akhirnya dia membuat kode benteng digital ini, sebuah parasit komputer yg bisa membocorkan kode2 rahasia negara yg ada pada TRANSLTR kepada publik, called Benteng Digital. Benteng Digital sendiri memiliki password sendiri buat pencegahan agar data2 tsb gak bocor ke public.

Keinginan Tankado cuman satu, which is menuntut agar NSA mempublikasikan ke public that there is such TRANSLTR, or he will sell those code to the highest bidder.

Dari awal terlihat membingungkan, karena Tankado mengaku memiliki sekutu, which is North Dakota, Orang yang akan membeberkan kode digital itu if something happened with him. Dia merasa bahwa keberadaan Benteng Digital akan membuat NSA terancam, shg dia pikir agen NSA akan memburu dan membunuh dia.

Ensei Tankado sendiri diceritakan dibunuh pada awal chapter, dan tugasnya David Becker buat nyari apakah ada sisa2 password yg menempel di badannya.

Trus Tugasnya Susan Fletcher buat nyari siapa North Dakota.

Hasilnya apa? Sebuah cerita yang mencengangkan, menegangkan, dan bikin lo bingung karena yang jahat justru orang yang baik, patriotis dan gak disangka…

Nah, g mo sedikit ber anagram seperti yang sering dilakukan David ama Susan ah..g mo memberikan sedikit kode sandi utk postingan g kali ini,.
Pemenangnya bakalan dapet sedikit sensasi kelitikan dari gue…xixixixi..

Berikut surat yang dikirim David buat Susan,

Susan Tersayang,
Aku mencintaimu.

Tanpa Lilin, David

Pertanyaannya,..apa arti Tanpa Lilin ????
Yak, cepet kirim jawabannya. Hadiah menarik akan menanti anda.

21 responses »

  1. Hi Bundanya Raihan,

    Makasih ya udah mampir di “rumah”ku. Kalau dekat, aku kirim deh tiramisunya. Sayang jauh🙂 Lagian itu aku bikinnya sembarang karena bahan2nya nggak ada semua😦. Wah, seneng sama Dan Brown ya ? Soal Anagram-nya…waaa..aku nggak ngerti sama sekali hihihi… Wong nonton Da Vinci Code aja aku muter2 palanya hahaha..

  2. Bunda kuh sayang……maafkan daku aku tanpa lilin banget pada muh….dinot…jangan marah doooong

  3. hadiahnya apa dulu nih bund? hehehe

    btw… jadi DF bagus juga ya? Beberapa review dari temen bilang gak bagus, agak maksa gitu ceritanya…😛
    Tapi saya sepakat kalo A&D paling top!

  4. lilin itu kan dipake kalo lagi pas mati lampu atau untuk menerangi berarti kalo tanpa lilin, listriknya dah nyala alias udah terang. benar gak mbak? hadiahnya laptop ya mbak hehehhe😀
    kesian banget ya yg kepengen beli laptop🙂

  5. Wah ini menantang banged geto loh! Selama sepuluh menit gue melototin pantai lilin, mikir ini pasti nama tempat janjian atau nama orang. Apakah PANTAI NILL? Pasti bukan, soalnya Nil kan nama sungai, lagian nulisnya Nil, bukan Nill, hahaha!

    Kayaknya kita gak tau dimana dan kapan David sama Susan bakal ketemu, soalnya yang tau INITIAL PLAN kan cuma mereka, hahaha!

    Hayo hadiahnya apaaaaaaa?

  6. Bukunya Dan Brown yang gue paling suka adalah Angels & Demons. Gue rasa buku yang ini lebih make sense dan lebih descriptives banget deh.

  7. mungkin maksudnya..
    aku cinta kamu tanpa IIN.

    Dia ngetik dg kelebihan huruf “L” hehe..

  8. Wah, sempet yak baca buku serius sekalyan nge-review. Gw mah sekarang bisa diitung ama jari frekuensi bacanya… heran, banyak waktu kok daku makin males yak, hahaha…

  9. maksudnya dia mencintainya tapi karena jauh jadi serasa gelap

    naon sih maksa..hihihi

    Bun2 rajin euy baca bukunyaa

  10. hehe.. tanpa lilin.. maksudnya suratnya jangan dibakar kali? :DD

    saya belum baca digital fortress sih.. tapi saya lebih suka da vinci code dibanding angels and demons.🙂

  11. Bunda, How are you?

    Hadiah? Mauuuuuw dunk! hi…hi….
    Tanpa lilin apa yak…. hmmmm mungkin akan selalu menyayangi disaat gelap sekalipun. hii… hi…. Menyayangi dalam susah dan senang, trutama disaat susah *ga ada lilin* kekekekek….

  12. hallo mpok! pakabar?

    dari bukunya dan brown, gue belum baca yang DF. jadi nggak tau maksudnya tanpa lilin tuh apaan. mungkin maksudnya gelap2an is the best for cayang-cayangan?😀😀😀

  13. “please accept this fax
    my love for you is without wax”
    begitulah pesan singkat yg asli dlm bahasa inggris.

    baca koment2 yg masuk, jadi pengen ketawa deh.lucu2 bgt. soale aku dah baca bukunya…

    wah siap2 nerima hadiah nih aku😀

    tanpa lilin, dalam bhs Spanyol “sin cera”. Ceritanya begini:
    Dulu jaman Renaisanse, para pematung Spanyol yang membuat kesalahan saat memahat marmernya, biasanya menambal patung itu dengan lilin.

    Jadi ungkapan “tanpa lilin” berarti sempurna, tanpa cacat. dan akhirnya ungkapan itu dipakai dalam bahasa inggris menjadi Sincere.

    biasanya dalam surat cinta ditutup dengan , Your sincerely …
    Cintamu yang tulus.
    begitulah maksudnya.

    cinta tanpa lilin
    cinta yang tulus

  14. tadinya gw mo bilang, ‘kali aja dulu biasa pake lampu teplok. jadi si David bilang.. Tanpa Lilin.

    Tapi gw setuju juga sama IIN, tuh.. jawabannya rada mendekati. Dunia tanpa IIN, ya sepi dong.. alias ge’ap (ga pake L)

    hehehe, gw ngomong apaan ya???

  15. waaaks, salah pencet. Bunda, yang diatas itu gw.. maksudnya mo mencet ‘Other’ malah ke klik ‘Anonymous’…

    ‘kan sekalian daftar hadir, bunda..

    btw, CONGRATTTTSSS!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s