How to Handle Aggresive

Standard

Ibu ibu, ada yg pernah jadi korban kekerasan dlm rumah tangga ga? Wuehehe,..maksute bukan yg kayak di BUSER itu.. cuman klo diriku akhir2 ini juga kerap jadi korban kekerasan itu. Klo buat g, selama lom sakit, yah wajar aja kali ya, he is just trying to get into my attention, kadang dia pake cara pukul, tendang ( ini sih niruin ultraman kali ye) ama sekarang udah nambah lagi, which is cubit..
Klo dia udah gitu, g cuman bilang, “Raihan…Be nice”
Cara ini yg di komplen ama abi nya, katanya g terlalu soft ama anak. Habis g pikir, ga mungkin dong api balas api. Emangnya raising a monster ..

Kayak kemaren malem, g pulang dari kantor, trus biasa, nemenin raihan main, kebetulan dia lagi mainin sapu lidi (itu loh yg buat ngibas2 kasur)
Nah, karena tajem, kan g awasin bener2…*takut kena mata kan.. tapi lama2 malah di sorong2in ke muka gue, .. huhuhu…kan g takut juga. Akhirnya g teriak ..”Thats it Raihan.. enough!!”
Nah, trus kan dia malah kaget, hasilnya itu sapu jadi mampir beneran di muka gue… huaaa…g jerit, abis pas idung g, kena pas pangkal sapunya. Rasanya ruarrr biasaaaa!!
Dan ibu2 g cuman bisa nangis…tapi lucunya, Raihan malah nyamperin dan meluk gue.. huaa…g nya jadi tambah nangis..tapi ini nangis haru… tyt kamu emang bener2 nice yah Dek..

Hari ini g browsing di pusat bayi, tyt hiting, biting, itu termasuk dalam perilaku aggresive, memang merupakan sebagian dr perkembangan batita. Terjadinya karena undeveloped impulse control. Tapi biar gitu, kita harus let him know, klo itu salah. Dan kita harus tunjukin ama dia, gimana cara yg bener to ekspress his feeling.

What To do ?

  1. Kita harus let him know, klo itu salah. Ajak dia duduk, kasih tau, cara bermain yg benar, tanpa memukul dan smack down kita juga bisa having fun.
  2. Kita harus keep cool. Klo suara kita kenceng, malah membuat dia semakin ‘memuncak’ ..wajar dong.. api dibalas air,..biar adem gitu loh.
  3. Kita harus punya tujuan yang jelas. Jgn sampe udah mukul ke tiga kalinya, baru kita bilang enough. Jadi dia harus di ajarin klo dia udah ngelakuin sesuatu yg salah.
  4. Konsistensi. Jadi jangan yg pertama dikasih tau, kali kedua nggak. Its oke ibu2 klo anak kita loose temper di muka umum, everybody’s been there. Yg penting kita tetep kasih tau anak kita. Kita bisa bilang ke orang yg ngeliatin, “Its so hard to have a two year old”..
  5. Tetep di kasih tau, klo dgn memukul, dia ga dapet solusi, karena kita ga tau kemauan dia tuh apa. Nah, klo dia udah mulai mukul, tinggal tanya, kamu kenapa? Jadi dia learning to ekspress his feeling. Klo udah kejadian, ajarin minta maaf itu perlu klo kita udah ngelakuin kesalahan.
  6. Daripada ngasih tau dia pas dia salah, mendingan ga nih, klo dia lagi baik, kita puji.. “Ih adek baik deh..” …or “ih, adek pinter deh”… “bunda seneng deh klo adek baik gitu”
  7. Batasi nonton TV, coba deh perhatiin ibu2..kebanyakan anak mencontoh kekerasan 90% dari acara TV. Makanya klo nonton Metro TV aja..nonton berita…halah jadi iklan..
  8. Ajak olahraga kali yah, biar capek dan tidur…huahaha.. klo mertu g suka ngajarin, ubun2nya di kasih ulekan pala, biar tidurnya nyenya…hehhee
  9. Terakhir, Jgn malu minta bantuan ke orang, karena klo berlarut2 bisa kebawa ampe gede. Kan malu klo anak kita galak apalagi bentar lagi mo sekolah. Bisa abis satu sekolahan..huehehe

Ini kata pakar2 yg di web loh.. jadi sayah juga masih mau mempraktekkannya … hhihi…doain berhasil yah…

7 responses »

  1. kalo lagi mulai agresif, peluk aja mbak
    soale ponakan di rumah juga lagi agresif tuh, kalo dia dah mulai nyubit atau mukul langsung deh linda peluk dan cium2in

  2. wedhew.. sama dunk, gw ma oma nya juga sering jadi korban kekerasan, firza itu klo dah gemes senengnya nyubit n agresif banget deh.. klo gw marah dia senyum-senyum depan muka gw n bilang “mama , senyum” klo gw gag senyum dia nya malah nangis kenceng *ngerasa bersalah soalnya* baru diem setelah gw senyum *itu artinya gw dah gag marah lagi*

  3. kalo aku pernah jd korban kekerasan reva waktu dia tidur hehehe. reva tuh kalo bobo aktif, apalagi kl kepanasan dia suka gedebak gedebuk di kasur tanpa sadar. makanya di rumah dia tidur di kasur terpisah😀

    puasa kemaren waktu nginep di mertua, aku tidur satu kasur ama reva. malem2 dia kepanasan. mulai gedebak gedebuk, kakinya tendang sana tendang sini. salah satu tendangan mautnya itu mampir di mukaku, pas di hidung. waduh rasanya… sulit dilukiskan deh hehe. aku langsung kebangun. ternyata darah ngucur dari hidungku, lumayan banyak. si ayah yang panik, reva mah tetep bobo hehe.

  4. huhuhu… Naila juga suka mukul dan jambak (udah 2 kali) gue. emang sih musti konsisten ngasih tau. tapi ya gitu deh, kadang masih ga mempan😦

    thx for sharing ya Din🙂

  5. si anak tiriku hyperactive. semua petunjuk dari pakarnya gak mempan. pil yg mempan. ngantar pesan ke otaknya, diem lu ! beneran gak hyper lg hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s