Currently 7 entries updated, please enjoy

Standard

17 feb 2007
Enter 38 Week

Udah masuk minggu ke 38 nih,… badan udah berat banget, begah, serba salah…loh loh… kok komplen… siapa suruh hamill… huehehehe
Kemaren control ke dokter, BB g 84kg, BB si bayi 3.2.. Perkiraan lahir is 2 Maret, But Kata dokternya, klo minggu2 ini dia mo lahir juga gpp. Waduuh, ntar dulu dok,…g lom siap mental…Tapi kata dokter, loh? Emangnya yg dulu gimana? Hehehe… dasar dokter,…dia kaga tau, kejadian tragisnya di ruang tindakan…Emang kan dokter g dulu ama sekarang beda,… biar lebih fresh aja, ganti2 gitu huehehe….
Trus, klo kemaren g sempet di bilang suruh banyak2 nungging karena si bayi sungsang, sekarang nungging mode off. Posisi udah bener.
Yang paling g rasain adalah, kok ya g sering banget mules2 gak karuan gitu… katanya she kontraksi palsu. Klo g liat gpp lah, g rasain dikit2 ..jadi pas hari H nya udah kebiasa ama mulesnya.
Cuma g gak demen pas tidur, posisi udah ga genah.. mo ini salah, itu salah…malah g sempet bilang ke abi, bi, kamu enak banget yah, tidurnya…. Ngiri mode on
Makan juga udah serba ga enak,.. karena rahim udah besar otomatis, dia neken ke lambung, jadi klo kita makan banyak dikit, berasa mo muntah,.. makan sedikit,..kok ya masih laper.. tuh kan serba salah
Trus,.. satu lagi, g tuh dikit2 pengen kencing mulu… malah g sekarang kayak anak kecil… gak bias nahan dikit… baru mo pipis, krn perut gede, gak mungkin dong g lari2 ke toilet,.. yaa.. keluar deh… katanya, wajar juga, karena rahim udah neken ke kandung kemih.. jadi ya gitu de..

22 Feb 2007
There He Comes


Huu dasar dokter g tuh abis naek haji, katanya, klo kata2 pak haji tuh makbul, bener aja g jadinya lahirannya minggu2 ini. Padahal g maunya maret, biar zodiaknya aries huhahaha
Gak deng.. g tuh maunya dia lahir abis Raihan Ultah, jadi kan g sempet mo ngerayain ultahnya dia… g pengennya bias nyenengin dia, secara mo punya adek gitu loh,..kan waktu g pasti abis buat baby
Klo ditanya siap gak ngelahirin, g pasti akan bilang nggak… gak ada orang yg bener2 siap buat ngebrojolin.. g palagi
Jam 3 pagi itu g kebangun, karena g ngompol.. bayangin, seumur2 g ngimpi basah aja kagak (lho?) . Krn g tengsin ama laki g, yasud, g kekamar mandi. After cuci2, g memutuskan utk sholat tahajud. Tapi baru aja takbiratul ihram, keluar lagi. Cret
Akhirnya g wudhu lagi..dari sujud utk bangun ke rakaat ke dua, keluar lagi cret
Walhasil g wudhu lagi. Tapi g udah mulai kesel.. Ya Allah, kenapa ya, mo ibadah kok rasanya susah banget. Nah laki g, ngeliat g bulak balik gitu, akhirnya nanya, kamu kenapa.. Ditanya gitu, g malah nangis,.. ini kenapa ya, kok klepnya rusak..hehehe
Laki g tenang aja, katanya yuk kita ke Rumkit
Sampe sono, tyt udah bukaan satu, ketuban udah pecah, tapi gak terasa mules, cumin g langsung ga boleh gerak banyak, krn takut kering
Dokter sendiri control jam 9 pagi, tapi dia bilang, dicoba tunggu ampe 12 jam, lewat itu di induksi
Jam 11 pagi, baru bukaan 2, g udah mulain gelisah.. kok ya lama banget. Bukan apa2, g gak betah aja harus tiduran, dan cemas gak karuan. Mana di suruh ngitung CTG lagi, gak konsennn…
Nyokap g yg nungguin g bilang, ah mamah pulang aja deh, ni anak pgn di tungguin bapaknya kali. Soalnya abi tuh g suruh ngungsiin Raihan ke rumah embahnya, biar dia gak nanyain g.
Bener aja, laki g dateng jam 11 siang, even dia yg gak ngebantu samsek malah baca majalah OMG banget ga seh, tapi at least he holds my hand..
Jam 2 siang, g dah gak tahan, selain karena rasa mules yg udah semakin memuncak, sementara g kelojotan, tapi g gak bias berbuat apa2, karena g gak boleh banyak gerak, tapi pas di cek baru bukaan 6, trus kok ya..pengen pup..tapi herannya g langsung dibawa ke ruang tindakan. Gak lama dokter nya dating
G dikeroyok ama dokter, bidan dan laki g.. ngeden bu.. ngeden.. g disuruh liat kebawah, tangan g di suruh jepit ke kaki, which is itu sakit banget karena keadaan perut yg udah besar..plus, g panic bow…
Tapi Alhamdulillah, jam 02.17 siang.. setelah melalui omelan2 dokter, karena anaknya kejepit bu… robeknya gede tuh bu… huhuhu… bodo,…yg jelas g dah legaaaa…….
Oh iya,..kita kasih nama Ahmad Rayyan Kurniawan. Biar gak beda jauh ama abangnya Muhammad Raihan Kurniawan. Resmi deh, Sekarang gua Bunda Rara (= Raihan-Rayyan)

24 Feb 2007
Siap Gak jadi abang? Was: Baby Blues Sindrome

Klo ditanya sekarang, Raihan sayang ga sama adeknya, Raihan pasti jawab, nggak… hehehe dasar… jelousy aza
Yang jelas, ibu2,klo mo punya anak ke dua, lo tuh harus siap mental menghadapi abangnya, bayinya semuanya duh sotoy banget deh g.
Karena kalo yg namanya emosi anak tuh penting diperhatikan, buat perkembangan psikologis si anak. Bayi kan belom punya perasaan… makanya sedapat mungkin perasaan abangnya yg kita jaga. Trus satu lagi, jgn sampe lingkungan atau abang yg nyesuain diri ama bayi, TERBALIK!… justru bayi yg harus nyesuain diri ama lingkungannya.
Terlebih lagi Raihan, yg masa anxiety separationnya belom kelar, Mungkin buat dia punya adek tuh aneh kali ya. Coba klo g nempatin diri jadi Raihan, g mungkin akan berontak juga
Yg jelas, ada makhluk kecil mungil yg merebut perhatian orang, sementara, dia mo megang, orang pada ngelarang,.kan aneh tuh.. gara2 makhluk kecil ini, g jadi dimarahin mulu.
Pdhl, dia juga ga minta kok punya adek, g nya aja yg ngerasa dikejer umur.
Makanya sebisa mungkin g me menej perasaan dia, dari jauh hari g dah prepare gmn caranya biar abangnya ga tersisih, ko ada adek baru. Tapi tyt I blew it all.
Udah dikasih tau, klo pertama kali ketemu ama abangnya, setelah ibu pisah lama ama kakanya (karena proses ngelahirin), ibunya jgn sampe lagi pegang adeknya.
Ini, pas g ketemu raihan,. Justru pas adeknya nangis, jadi dari matanya aja g udah bisa ngerasa betapa kecewanya dia. Walhasil, klo malem itu dia berusaha keras buat narik perhatian kita dgn cara yg aneh2, g ngertiii banget.
Klo ditanya kapan baby blues sindromenya g, mungkin pas saat belom ngelahirin malah. Waktu g ninggalin Raihan jam 3 pagi itu, rasanya separuh hati g ketinggalan dirumah. Gimana nggak, g sengaja ambil cuti lebih cepet biar bisa puas2in ama abangnya, trus jadinya selama 2 bulan g dirumah, praktis, dunia g adalah raihan dan dunia raihan adalah g. Udah gitu g ngerasa, waktu ngelahirin makin dekat, justru rasa bersalah g ama Raihan makin besar.
Yah, mau gimana, justru di ultahnya ketiga, Raihan dipaksa harus siap buat jadi abang. G ampe terharu banget ama temen2 kantor abinya yg datang justru bawain kado buat Raihan, thanks yah guyyys,…
Pun, waktu akhirnya semua tamu pada pulang, dan bayi nya nangis mulu krn ga jelas, mana jaitan masih nyeri, trus capek berat karena gak tidur dari jam 3 pagi, plus plus trus g keinget raihan tadi, kok g jadinya sesengukan sendiri. Ih aneh banget yah
Trus, g usaha biar Raihan seneng, pas pulang ke rumah, g sengaja, abi yg gendong bayinya, jadi pas ketemu raihan. G pgn bisa peluk dia sepuasnya, tapi pas ketemu g, dia malah bilang “ikuttt”… untung saat itu dia sibuk ama mainannya, coba klo dia liat g,.. g tuh bener2 nangis…
Tapi emang Allah tuh Maha adil banget, adeknya diberi kemampuan buat survive yg luar biasa, belom sebulan, ubun2udah keras, trus walaupun sering di tenet perutnya, ditarik tangannya, di gigit idungnya, anak itu cumin nangis bentar, trus gpp…Emang yah, dibalik penampilannya yg ringkih, sebenarnya bayi tuh luar biasa kuat loh !!! jadi kekhawatiran itu gak beralasan kok.
G jg gak ngelarang klo raihan mo nyentuh adeknya,.. gak mungkin dong g kembangin bibit2 kecemburuan ke abangnya, yg jelas g harus bias ngasih kepercayaan ama raihan kan? Jadinya yg penting di awasin aja…sambil dikasih tauin.

4 Maret 2007
Acara Kekahan

“Kapan kekahnya nih?”
Jujur, g bingung. Keknya jadi ibu utk yg kedua kali gak bikin kita jadi dewasa deh. Kalo Raihan dulu g status masih di mertua indah, g gak gitu bingung,…semua beres.. mertua g yg ngadain, karena sekalian mo kekahan anak kakah ipar g juga,(lahir beda 2 minggu). Tapi sekarang kan g udah di rumah sendiri, harusnya ngedain di sini doengg.. tapi gimana? Tetep aja, kita butuh bantuan dari sekeliling kita buat ngarerepotannya. Bukan masalah dana sih. Insya Allah rejeki tuh ada, Cuma g bingung gimana ngerancang acaranya, apa2 aja yg harus disiapin, siapa yg masak, siapa yg belanja
Pertama kita pgn praktis, potong kambing dua, bagi2in mentahnya ama tetangga. Tapi kata ortu g, gak sopan.
Akhirnya setelah berunding, kita sepakat kekahan dirumah embahnya aja, ngundang temen2 pengajian embahnya. Karena terus terang klo diadain di rumah, g bingung ngundang sapah secara yah…g gak gitu kenal tetangga, karena g orsib..huahahaha
G beruntung banget, punya mertua yg super baek, dan mau di repotin ama g. G beruntung banget punya kaka ipar2 yg mau masakin, yg mau bela2in belanja ke pasar, trus g akhirnya tinggal lenggang kangkung terima beres, duh rasanya… g adalah manusia paling beruntung sedunia…
Trus, lebih bahagia lagi, nenek gue plus tante2 gue semua pada dating ke acara …mereka mentingin g banget, mau ngeluangin waktu buat g.. pdhl g aja kadang gak gitu merluin ama mereka,.. duh… malah nenek g ama om g yg ceramah di acara itu…rasanya gak putus2 g bersyukur ama Allah, di kasih keberkahan yg ga ada habisnya.

ASI Eksklusif dan Rooming in


Semenjak kehamilan kedua g, g semakin magabut, ngengseai, karena kerjaan2 g, g kasih ke abg g,..alasannya mbak dini gak boleh terlalu capek..hehehe padahal emang g males aza. Bosen kerja ah..kali2 dong santai di kantor..Lagian kerja keras juga gak penting, gak ngaruh, … mending santai…kayak di pantai…tring
Kerjaan g tiap hari tuh buka imel, browsing artikel2 kesehatan, baca2 digest milis Sehat.
Nah.. dorr.. dari situ deh g tau betapa pentingnya ASI eklusif buat bayi. Trus g juga baru sadar betapa bolot dan bodohnya g waktu anak pertama
Raihan itu g susuin eklusif 3 bulan, well, dibilang eklusif juga nggak, abisnya, abis nenen g kasih air putih ama madu,.. well..stupid..kerawang banget deh ah.
Trus 4 bulan udah kasih makanan tambahan, krn mnrt kaka ipar g, harus gitu… oooh.. betapa..betapa…
Untungnya g tetep bawain ASI perah buat anak g, walaupun Cuma 120ml perhari, but lumayan deh. Salahnya, dia di sambung pake formula, jadi pas g pulang kadang dah tidur, jadi otomatis produksi ASI g menurun drastic. Jadinya Raihan Cuma g susuin ampe 7 bulan. Ooh… maafkan bunda yah …
Dari lahir, I want to have everything right, g ngotot mo ASI eklusif, g mau anak g cepet dapet kolostrum, g mau anak g dapet early latch on. G ngotot mau rooming in. G ampe diskusi ke temen2 milis, Rumkit mana yg sayang ibu dan bayi. Alhamdulillah, g dapet semua. Meski harus naekin kelas, jauh dari limit asuransi kantor g, tapi yg penting ada yg harus di korbankan tokh?. Kan buat anak sendiri ini,.. maunya yg terbaik dong. Walaupun harus mau berlama2 nyusuin bayi, (ASI masih dikit hari2 awal, tapi emang kebutuhan bayi Cuma sedikit, karena lambung bayi baru sebesar kelereng, malah bayi bisa bertahan hidup 48 jam tanpa asupan apa2. yg penting tetep dirangsang, biar susunya produksi ) Malah berlebihan, tuh Rumkit ampe kunjungan ke rumah g segala, ngeliat keadaan g and si bayi gimana, seminggu setelah g di rumah.
Malah, selama g di rumkit, g dikasih kursus perawatan bayi, tata cara asi perah buat ibu bekerja, teknik marmet, cara mijet bayi,..pokoknya.. top deh. G bersyukur banget udah bisa ngejalanin semua sesuai guideline nya.
Trus sekarang, udah mo sebulan kerja masuk, g udah mulai nabung asi g dikulkas. Lumayan, sekali perah bisa 60ml. Masukin plastik aja, jadinya g sekarang kayak tukang es balon deh hehehe.

Aku mirip siapa yaaa???

Setiap temen yg telpon, pasti nanya, dedeknya mirip siapa?? G cumin bilang, ntar liat, fotonya pasti g upload kok!!. Well, what can I say, g aja suka senyum2 sendiri liat raut muka dedeknya.
Kadang mirip abinya, kadang mirip bundanya. Pokoknya berubah2 deh. Kadang klo g lagi sebel ama seseorang, muka bayi bisa menyerupai orang yg g sebelin itu ih… sumpah deh…hehehehe
Tapi makin gede keknya makin mirip abangnya deh. Gpp lah, wong cetakannya sama kok…

Wanted: Pembantu yang telaten dan jujur

Satu lagi masalah g yg belom terpecahkan, adalah g sampai saat ini belom bisa nemuin pengasuh yg pas buat anak g. Selama g cuti dirumah g ganti pembokat ampe 2 kali. Ampe2 laki2 g ngecap, klo g gak bakalan bisa cocok ama siapapun. Tapi klo kita gak komplen juga salah kan, kita yg capek hati sendiri, orang kita bayar jasa dia kok. Nyokap g jg bingung, kenapa bayi bisa ngehambat kehidupan g, yah gini deh,..karena gak ada yg bisa dipercaya. Apalagi pembokat g yg sekarang ini, tukang boong. G sih sabar2in aja deh. Abis lom dapet gantinya lagi.
Ada pembokat yg kerjanya nonton tipiii aja, kerjaan gak beres, akhirnya g turun tangan. Yg sekarang, kerjaan rada beres, tapi selain tuk boong, galak ama anak g.. duh susah susah….
Cuti g tinggal 3 minggu lagi. Time is ticking,…tolooongggg….

7 responses »

  1. ya ampun, udah lahiran toh…😀 slamet ya din.. mudah-mudahan bisa jadi anak shalih.. sukses yah asi eksklusifnya🙂

  2. Congrats ya say..sampe nangis terharu gw bacanya..hiks..indahnya hidupmuh sayangkuh hihihiii..

    Bo, kalo mau asi banyak rajin2 makanin kacang ijo. Enakkan ya di buburin gitu..gw jamin asi lo berlimpah ganda🙂. Hrs di coba ya jeng, sumpeehhh gw kagak bo’ong kek pembokat elo itjuu ahahahahahhh..

    Sukses ya Din, en peluk cium bwt Raihan n Raiyaan..mmmuuuaaahhhh

  3. selamat ya din…
    akhirnya.. selesai juga tugas 9 bulan 10 hari nya
    dan semoga sukses dengan program ASI ekslusifnya..
    ..
    tinggal program.. bikin anak ceweknya.. hahahahaha

  4. waaa.. banyak pisan ceritanya. selamat atas kelahiran Rayyan ya.. seneng banget baca Dini peduli bgt sama kondisi psikologisnya Raihan yg mungkin masih kaget punya adek baru🙂. gw jadi belajar banyak, meskipun masih ga jelas kapan Naila bakal punya adek.. hehe

  5. Dini, selamat ya. Udah lahiran ceritanya. Semangat asi exclusive ya. Aku terharu banget baca ceritanya. Panjang pisan. Semoga Raihan bisa jadi kakak yang baik deh.

  6. wah… selamet ya bunda RaRa… panggilan baru neh. Duhhh mani kasep pisan euy… jadi pengen xixixi…
    moga sukses asi eksklusifnya bunda…

  7. Salam kenal juga bunda Rara. Selamat yah buat kelahiran anak ke-2 nya, moga jadi anak sholeh🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s