Aisatsu

Standard

Ini cerita tentang kebiasaan di kantor saya. Seperti yang sudah saya ceritakan, Jepun2 disini sangat berbudi bahasa dan tatakrama ,.. istilah kasarnya, basa basi walaupun busuk, but still we have to follow it.
Dimulai dengan ohayyo di setiap pagi, atau Morning, atau, kalau saya cukup dengan ….”Pagiii “…

Pas mau pulang juga
Awalnya, saya stick to the word “Saya Pulanggggg” … sambil ngacir, tapi belakangan, saya pikir, gak ada salahnya belajar apa sebenarnya sih yang mereka ucapkan, karena yang saya dengar hanya “Sakini simas simas … (hahaha..)

Ternyata, kalau pulang, sopannya kita bilang gini,
“O Saki Ni Shitsurei Shimasu” (Bacanya = O Saki Ni Sitsure- Simas)
artinya : Maaf ya, saya pamit duluan ..

Lalu jawabannya
“Otsukare Sama Deshita” (Dibaca = Ot su ka re sa ma des ta )
artinya : you must be tired after going through all of that

Kalau atasan ke bawahan kadang dijawab dengan
“Gokuro Sama (deshita)”
artinya : Terima kasih (atas jerih payah) hari ini yaa ..

Kalo mau, gampang, ..”Sayonara” .. which is artinya Goodbye, Selamat Tinggal ,.. Gi dahhh … hehehe

7 responses »

Leave a Reply

