Pertanyaan seputar interview (dan kebetannya)

Standard

Bulan ramadhan itu bulan berbagi, hihii.. saatnya berbagi rahasia seputar interview. Temans, I’ve been interviewed as well as interviewing people, jadi saya merasa bahwa pertanyaannya kadang sama aja gitu . Jadi kalau mau di jadikan kamus ..monggo .. kebetannya hihihi..
Sebenernya ini hasil chattingan saya dengan si panda,. Waktu itu saya sempet mengalami deadlock, nasib banget dipanggil interview berkali2 tapi tidak ada yg goal juga, tapi hasilnya saya jadi memorize the question,so, I kind ask her the answer.. gitu deeehhhh ..

1.Alasan Pindah Kerja
Misalnya:
Looking for better income
Develop and challenge my skill (elo kan udah lama di xxx, adalah sebuah kebutuhan basic juga manusia itu harus berkembang, jangan badan doank dikembangin…hahahhaha), nanti biasanya si intervier akan tanya, emang di xxx ga bisa develop your skill lagi, naah itu pinter2 elo jelasin kondisi hirarkis karir disana gimana, satu yang paling penting: Jangan pernah jelek2in perusahaan tempat elo bekerja sekarang.

Nah kalo gitu kan, tujuan pindah kerja bukan duit doank orang ngeliatnya…..realistas nya sih semua orang tau haree gene orang pasti cari duit, Cuma kalo pake tambahan yang kira2 company bisa take benefit juga dari calon employee nya kan pasti seneng…..

2. klo di tanya what is your biggest weakness or your strength, gitu jawabnya gimana
kan gak mungkin kalo gue jawab kelemahan gue es krim coklat kaann? biar jawabannya keren gitu loh apa

Laaaaaaahhhh itu mah musti jawaban jujur…elo ngerasa strength elo yang paling elo banggakan apa?

Tapi nih ya biasanya sih semua orang kalo mau cari pekerja even cari pembantu aja yang paling utama adalah:

– Honesty (kalo lo mau pake ini sebagai strength elo musti ati2, karena setiap jawaban elo harus konsisten agar tidak bertolak belakang dengan kejujuran elo hahahhaha)
– Selebihnya elo terserah mau bilang bahwa elo orang yang deadline and quality orientation, high commitment (nah ini gw nih, gw paling sebel sama yang namanya jam karet, heran gw kok bisa ya temenan sama Dahlia), atau kalo lo ngerasa focus on detail, ataupun multi tasking ataupun high initiative….atau apalah yang bener lo rasa itu adalah strength elo….

Nah kalo weakness, jangan lo umbar yang parah2….misalnya I used to have problem with my concentration during my first day period, but still can be undercontrol. Nah ini kan excuse yang cukup ditoleransi….

3. do you satisfy with your career so far? or if you could look yourself in five years, what would you be?
Kalo lo ga puas bilang aja no…alasannya apa lah…..elo ga bisa teralu develop ur skill spt ekspetasi elo….nah, di kantor gw dulu emang kita terbiasa bikin carrier path…..ultimate goal elo apa dalam berkarir, nah biasanya utk menuju ultimate goal itu biasanya elo harus bikin carrier path per 5 thn….

Elo musti jawab sendiri apa….yg tau persis kan elo…..tentuin dulu ultimate goal elo apa…….baru lo bisa bikin carrier path per 5 thn

4. apa keberhasilan terbesar yang pernah anda capai dalam pekerjaan anda?
Yee meneketeheeeeee…..elo inget2 lagi deh, dulu achievement elo yang dapet penghargaan apa? Yg diakui sama sharp? Elo pernah building suatu system g adi kantor elo? Walo kecil tapi dipake misalnya…..

5. tolong ceritakan ttg diri anda.
hi, my name is xxx
i’m xx years old
i’m a mother with two son
right now i’m working with PT xxx almost 8 years.
my job desc is bla bla bla ..

segitu cukup? atau perlu nambahin
im honest diligent, highly motivated result oriented,.. too detail nggak ?

Yaa segitu okelaaa
Yg masalah honest dsb itu, ga perlu disebutin kecuali kalo emang ditanya ttg strength dsb tadi…..

Gw biasanya kalo disuruh describe who I am, gw kasih sedikit personal touch….hobby gw apa aja, kalo waktu luang gw ngapain, biasanya gw agak2 ngibul dikit biar mereka impress….misalnya nih, employeer akan terkesan kalo ada calon yang bilang di waktu luangnya dia keg ym 9hihihhii padahla gw lagi male2snya), karena apa, org yg seneng olahraga itu biasanya sehat, walaopun gendut tapi sehat donk, udah gt mentalnya sportif, yaaaa gitu dehhh…..gw dulu sempet bilang gw pecinta kucing, lah kok yang interview juag penyayang kucing akhirnya kita ngobrol masalah kucing sampe lamaaaaaaa bangetttt, dan gw diterima akhirnya, Cuma terpaksa gw tolak, karena kumpeni lama gw naekin gaji gw lebih besar gara2 gw mau pindah….pokoknya di interview kasih sedikit personal touch…..tgg hobby dsb…..misalnya elo bilang seneng nulis artikel2 ringan, either in English or bahasa, sapa tau tu kumpeni punya monthly bulettin dan memerlukan orang2 bertalenta menulis…..

6. trus klo ditanya why do you want this job?
Because I am interested to the jobdesk you offered, sebutin apa yg paling menarik, trus bilang, I believe I can develop my skill and give my best contribution to the job you offered.

7. why do you think you are the right person for this job?
I believe the job you offered can meet your expectation in my hands, as I am quick learner, I have good skill in Tax system (misalnya), or apalaaahh blab la mention ur strength, misalnya you count on my bla bla (mentioned one of your skill that can support the jobdesk)

8. apa yang memotivasi anda?
Bonus hihihi –à learning something new always gives a huge motivation to me.

9. apa yang anda tidak sukai di tempat kerja? Ini pertanyaan menjebak hati2
Jawab aja: I am happy with the environment I am working with, but I need to develop my carrier and skill which in my office the carrier flow is a bit slow for my position.

10. mengapa anda terlalu lama di ssi? mengapa belum dapt kerjaan baru ?
(duuh jawab apa nih klo ditanya ginian)
karena gue terlalu dong dong klo di interpiu, jadi kagak dapet kerjaan terus
Kalo ini mah jawab aja, tadinya saya merasa cukup comfort dengan apa yang sudah saya miliki, tapi begitu 8 tahun berjalan saya baru menyadari, bahwa semua ilmu sudah cukup saya kuasai di tempat saya bekerja sekarang, saya ingin lebih bisa berkembang, karena itu saya sekarang memutuskan untuk apply pekerjaan di tempat baru.

11. Bagaimana klo mulai dari awal lagi?
12. apakah anda akan menempuh karir path yg berbeda?

i would not change anything . I am happy the way my career is . I am not the kind of girl that likes to look back in regret. i’d like to save my energy to think forward.. gitu cukup nggak? Oke tambahin juga as long as I can gain something better (kalo dia tanya something better itu apa lebih eksplisitnya, bilang income and skill)

13. yakin mo pindah kesini? xxx itu perusahaan besar loh.. yakin mo pindah ke perush kecil gini?. nah klo ditanya gitu gimana???
I would do anything to get me improved for my better life and carrier.

14. btw, klo ditanya tantangan terbesar dalam pekerjaan, boleh nggak jawab “menghadapi bos baru”?
Boleh laahh itu jawabany aobjective kok, semua orang pasti perlu penyesuaian ketika menghadapi yang baru, Cuma tetep harus professional lo bilangnya, jangan bilang bos elo menyebalkan, bodoh, pilih kasih dsb…bilang aja apalah, biasanya nangani bos yang flexible dan high toleransi sekarang ngadepin bos yang agak formal dan sedikit lebih kaku…that’s the challenge….

Begituuu temans2 ..jadi sedikit bocoran dari saya bagaimana cara menghadapi para interviewer .. smoga aja lancar yaa buat yg mau moving2an .. smoga negonya berhasil …aminn..

4 responses »

  1. sama jangan lupa kasih tau hobby, karena sometimes that can be your luck! Temen gw diterima kerja karena dia jago maen gitar, buat jadi grup band di company tsb …. hihihi so simple yaa🙂

    hobbi makan juga ya fit .. siapa tau di traktir terus ..hahaha

Leave a Reply

